Hadits tentang Menuntut Ilmu

“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majelis”, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Surat 58. AL MUJAADILAH – Ayat 11)

“Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (Surat 35. FATHIR – Ayat 28 )

Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syorga. (HR. Muslim).

Barang siapa memberikan petunjuk kebaikan, maka baginya akan mendapatkan ganjaran seperti ganjaran yang diterima oleh orang yang mengikutinya, dan tidak berkurang sedikitpun hal itu dari ganjaran orang tersebut. (HR. Muslim)

Jika manusia telah meninggal maka putuslah amalnya kecuali tiga macam:
1. Sedekah jariyah (yang tahan lama).
2. Ilmu yang bermanfaat.
3. Anak shaleh (berakhlak baik) yang mendo’akan kedua orang tuanya. (HR. Muslim)

Iklan

31 Tanggapan to “Hadits tentang Menuntut Ilmu”

  1. bagus Says:

    komentarnya adalah isinya kurang lengkap coyyyyy

  2. amrifauza Says:

    Sudah bagus, tapi terlalu pendek

  3. nanda Says:

    yup…. mungkin perlu ada pnambahan sedikit pada penjelasannya saja

  4. Roozie Says:

    Ada saran sebaiknya juga ada arabnya 🙂
    Trims,,

  5. Roozie Says:

    Barang siapa berjalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke syorga. (HR. Muslim).

    minta arabnya yang ini ada ngak ??

  6. fani calista Says:

    kurang lengkap,,,
    msti’y lebih lengkap lg

  7. Damaz Says:

    Ho.oh kurang akeh…!!!

  8. ute Says:

    lengakapin dund!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. ute Says:

    kalo bisa,,,hdist ny pke tlisan ARAB!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  10. Anonim Says:

    isix krng jlazzzzzz

  11. muridanz Says:

    Al-Qur’an adalah satu2nya kitab suci yang di pelihara keasliannya oleh Allah.

  12. Risma Says:

    haditsnya kurang lengkap n aku pengen ada teks arabnya. makacih

  13. resti restuati fatimah Says:

    komennya adalah…. ga ada lafadz arabnya… belum sempurna

  14. Ecy' b8GrCzzz... Says:

    Ko’ ngg’ da bunyi hdisx chi,,,,

  15. Luthfi3 Says:

    Assalamuala’ikum tolong dong hadistnya disertai arab,,plist..thanks before

  16. yadi supriadi Says:

    akh kurang banyak nih hadits2’y . walau begitu ana ngucapin makasih ya….

  17. asri Says:

    ass,,,,
    alhamdulillah dngan adanya hadist menuntut ilmu ini kta bsa menjadi tw apa hukumnya mencari ilmu tapi akan lebih baik lagi jika disertai dengan tulisan arabnya…..
    wass….

  18. neng nuraeni Says:

    hadist nya cantumin dwonkk….. jangan artinya doanknya soalnya biar lebih jelas……………….

  19. agus resno gumilan Says:

    alhamdulillah,terima kasih atas kumpulan hadis2nya semoga bermanfaat bagi kita semua,amin ya rabbal alamin.

  20. HARRY SUHAMKA Says:

    yah terlalu sedikit kurang yahut tutup aja nich. masa hadist nda ada tulisan arabnnya

  21. via linda siswati Says:

    he he dilengkapi donk…………………q lo dapat tugas tentang hadits”berbicara padaku walaupun dari langit”tolong donk plis….

  22. umar Says:

    saran saya di tambah dengan hadist Rasulullah SAW
    yang mana Rasulullah SAW mengatakan “MENUNTUT ILMU ITU WAJIB BAGI SETIAP MUSLIM LAKI-LAKI DAN WANITA”

  23. Anonim Says:

    tak apa do

  24. Gilang Fathonah Says:

    semoga allah membalasnya amin

  25. shofin Says:

    pak hadistnya kog gak ada arabnya

  26. Anonim Says:

    arabnya mna chuy..

  27. Aditeuya Says:

    Gak jelas Cuuuuyyyyy….

  28. Anonim Says:

    kalau bisa dilengkapi

  29. Anonim Says:

    huuuuuuuuuuufft msih kuraang lengkaanggggg

  30. Anonim Says:

    Kenapa enggak ada ayat nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: